Bagaimana Memilih Sepatu yang Sehat untuk Ibu Hamil?




Jakarta,
Perempuan yang sedang hamil terkadang tetap ingin terlihat gaya, termasuk dalam memilih sepatu. Tapi karena selama hamil terjadi pembengkakan kaki terkadang hal ini sulit dilakukan. Karena itu ketahui sepatu apa yang sehat dan aman untuk ibu hamil.

"Perempuan yang merasa tertekan menggunakan sepatu bertumit tinggi akan mempertaruhkan risiko gangguan jangka panjang akibat ketegangan yang terjadi pada pergelangan kaki dan juga ligamennya. Selain itu banyak pula ibu hamil yang rutin menggunakan sepatu yang tidak nyaman untuk dipakai," ujar Lorraine Jones dari The Society of Chiropodists and Podiatrists, seperti dikutip dari Telegraph, Kamis (17/6/2010).

Jones mengungkapkan, berdasarkan poling yang dilakukan terhadap 1.000 ibu hamil mengenai sepatu yang digunakannya, ternyata tidak ada satupun yang menggunakan sepatu dengan cocok karena hanya memberikan sedikit dukungan untuk sepatunya.

"Penambahan berat badan dan perubahan hormonal selama kehamilan memiliki dampak yang besar bagi tubuh. Otot dan ligamen akan melunak dan meregang akibat peningkatan hormon ovarian dan relaksin, sehingga membuat kaki lebih rentan terkena cedera," ungkapnya.

Jika ibu hamil menggunakan sepatu bertumit tinggi, maka bisa membuat betis mengencang dan meningkatkan tekanan terhadap lutut serta tulang punggung. Hal ini akan meningkatkan kemungkinan untuk jatuh. Sedangkan sepatu balet dan sepatu flip flop yang tidak cocok dipakai sehari-hari karena terlalu datar, bisa memberikan dukungan yang tidak tepat untuk kaki.

Survei menemukan bahwa sekitar setengah dari ibu hamil yang disurvei mengaku menggunakan sepatu bertumit tinggi untuk mengikuti tren selebriti yang ada. Namun, didapati sekitar 37 persen mengalami pembengkakan di pergelangan kakinya, 45 persen mengalami pembengkakan kaki dan sekitar 16 persen mengalami nyeri kaki dan tumit.

"Jika sedang hamil, pilihlah sepatu yang pas di kaki tanpa menimbulkan rasa sakit serta bertumit rendah. Sepatu nyaman yang dilengkapi dengan tali bisa mendukung kaki dan pergelangan kaki serta meminimalkan ketidaknyamanan yang dapat mencegah cedera jangka panjang," ujar Jones.

The Society of Chiropodists and Podiatrist memberikan tips bagi ibu hamil agar tetap bisa memiliki kaki yang sehat selama kehamilan, yaitu:
  1. Gunakan alas kaki yang nyaman, bisa mendukung kaki dan idealnya menggunakan tali. Selain itu sepatu sebaiknya ditunjang juga dengan penyerapan shock tambahan, lengkungan kaki yang mendukung serta bagian tumit yang kuat untuk mencegah cedera.
  2. Jika ingin menggunakan sepatu bertumit, pilihlah sepatu yang memiliki ketinggian 3 cm.
  3. Menghindari penggunaan sepatu bertumit tinggi, karena berisiko menimbulkan cedera pada sendi atau pergelangan kaki.
  4. Menghindari menyilangkan kaki atau tumit saat sedang duduk.
  5. Pastikan masih terdapat ruang setidaknya 1 cm antara ujung kaki dengan ujung dari sepatu.

Sumber: http://www.detikhealth.com