AS Pesan Sepatu Olahraga Rp 8 Triliun


  Ilustrasi tenaga kerja Indonesia di pabrik sepatu Nike. (sumber: Reuters)
Oleh Eva Fitriani | Senin, 10 Juni 2013 | 11:31
Ilustrasi tenaga kerja Indonesia di pabrik sepatu Nike. (sumber: Reuters)

JAKARTA – Indonesia mendapatkan pesanan sepatu olahraga dari Amerika Serikat (AS) senilai US$ 820,8 juta (Rp 8,05 triliun) untuk pengiriman sepanjang tahun 2013. Permintaan tersebut mencapai 80% dari total ekspor sepatu ke Negeri Paman Sam itu.

Ketua Umum Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Eddy Widjanarko memperkirakan, ekspor sepatu ke AS mencapai US$ 1,02 miliar pada 2013, atau mencapai 27% dari total ekspor sepatu nasional US$ 3,8-4 miliar.

“Sebanyak 20% dari ekspor ke negara tersebut merupakan sepatu kulit dan sisanya adalah sepatu olahraga,” kata Eddy kepada Investor Daily di Jakarta, baru- baru ini.

Menurut dia, permintaan sepatu olahraga dari AS sebagian besar untuk empat merek yang terkenal di dunia, yakni Adidas, Nike, Reebok, dan New Balance. Pemesanan sepatu merek-merek tersebut biasanya dilakukan enam bulan sebelumnya. AS saat ini merupakan pasar  yang penting bagi industri sepatu nasional. “Kami akan pertahankan pasar ini karena potensinya cukup menggiurkan,” tuturnya.

http://www.investor.co.id